PERSIAPAN PERAKITAN PC


Merakit PC (Personal Computer) merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anda yang suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan mengutak-atik peralatan elektronik. Sebelum mulai merakit PC (Personal Computer), maka persiapkan dulu komponen-komponen yang diperlukan. Komponen-komponen tersebut tersedia di pasaran dengan beragam pilihan, kualitas, dan harga. Dengan merakit sendiri PC (Personal Computer), kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan, serta fasilitas dari PC (Personal Computer) sesuai kebutuhan kita.
            Sebelum memulai merakit, ada baiknya kita melakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul. Hal-hal yang terkait dalam persiapan antara lain :

1.1         Penentuan Konfigurasi Komputer

Konfigurasi komputer berkaitan dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita. Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.

1.2         Persiapan Komponen dan Perlengkapan

Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan, dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari :
A.      Komponen untuk merakit PC
B.       Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
C.       Buku manual dan referensi dari komponen
D.      Alat bantu berupa obeng pipih dan philips
E.       Software Sistem Operasi, device driver dan program aplikasi
F.        Buku manual, yang diperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit
G.      CD Software diperlukan untuk menginstal Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.

1.3         Keamanan  dan Keselamatan Kerja (K3)

Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan. Beberapa tips yang perlu diperhatikan demi menjaga Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3), diantaranya adalah :
A.    Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
B.     Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.
C.     Hindari merakit dalam keadaan berkeringat, karena kemungkinan keringat akan menetes keperalatan yang sedang kita rakit tanpa kita ketahui, lalu saat kita menyalakan power supply maka terjadilah hubungan pendek dan merusak hasil rakitan kita.
D.    Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki prossesor yang ada termasuk chipset. Karena dikhawatirkan adanya listrik statis yang dimiliki tubuh kita akan merusak komponen tersebut. Untuk mencegah hal ini kita harus meng-ground-kan tubuh kita dengan cara memeggang cassing saat power dihidupkan.
E.     Pada setiap tahap perakitan sebalum menambahkan komponen yang baru, power supply harus dimatikan. Memasang komponen pada saat power supply hidup akan merusak komponen yang akan di pasang dan komponen lainnya.

0 comments:

Post a Comment

Pages

Powered by Blogger.

Translate

Jam

Kalender Bali

Popular Posts

Blogger templates

Pengunjung