Metode Monte Carlo


Metode Monte Carlo
A. PENGERTIAN
Metode Monte Carlo adalah algoritma komputasi untuk mensimulasikan berbagai perilaku sistem fisika dan matematika. Penggunaan klasik metode ini adalah untuk mengevaluasi integral definit, terutama integral multidimensi dengan syarat dan batasan yang rumit.
Metode Monte Carlo sangat penting dalam fisika komputasi dan bidang terapan lainnya, dan memiliki aplikasi yang beragam mulai dari perhitungan kromodinamika kuantum esoterik hingga perancangan aerodinamika. Metode ini terbukti efisien dalam memecahkan persamaan diferensial integral medan radians, sehingga metode ini digunakan dalam perhitungan iluminasi global yang menghasilkan gambar-gambar fotorealistik model tiga dimensi, dimana diterapkan dalam video gamesarsitekturperancanganfilm yang dihasilkan oleh komputer, efek-efek khusus dalam film, bisnis, ekonomi, dan bidang lainnya.
Karena algoritma ini memerlukan pengulangan (repetisi) dan perhitungan yang amat kompleks, metode Monte Carlo pada umumnya dilakukan menggunakan komputer, dan memakai berbagai teknik simulasi komputer.
Algoritma Monte Carlo adalah metode Monte Carlo numerik yang digunakan untuk menemukan solusi problem matematis (yang dapat terdiri dari banyak variabel) yang susah dipecahkan, misalnya dengan kalkulus integral, atau metode numerik lainnya.

B. CONTOH PENGGUNAAN METODE MONTE CARLO

Beberapa aplikasi metode Monte Carlo antara lain :
·         Grafis, terutama untuk ray tracing
·         Permodelan transportasi ringan dalam jaringan multi lapis / multi-layered tissues (MCML)
·         Metode Monte Carlo dalam bidang finansial
·         Simulasi prediksi struktur protein
·         Dalam riset peralatan semikonduktor, untuk memodelkan transportasi pembawa arus
·         Pemetaan genetik yang melibatkan ratusan penanda genetik dan analisis QTL


0 comments:

Post a Comment

Pages

Powered by Blogger.

Translate

Jam

Kalender Bali

Popular Posts

Blogger templates

Pengunjung