PEMROGRAMAN SIMULASI
PEMROGRAMAN SIMULASI
Sebelum lanjut ke materi mungkin terpikir di benak pembaca
mengapa kita perlu pemrograman simulasi? Simulasi
adalah satu-satunya cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah, jika sistem
nyata sulit diamati secara langsung contoh : Jalur penerbangan pesawat
ruang angkasa atau satelit. Solusi
Analitik tidak bisa dikembangkan, karena sistem sangat kompleks. Pengamatan
sistem secara langsung tidak dimungkinkan, karena : sangat mahal, memakan waktu
yang terlalu lama, akan merusak sistem yang sedang berjalan.
1. Pengertian Simulasi
Simulasi adalah program perangkat lunak komputer
yang berfungsi untuk menirukan perilaku sistem nyata tertentu. Tujuan simulasi
antara lain untuk pelatihan, studi perilaku sistem dan hiburan / permainan. Simulasi
diperlukan ketika Model sangat rumit dengan banyak variabel dan komponen yang
saling berinteraksi, Hubungan antar variabel tidak linear, Model memiliki
variate acak, dan Output dari model akan divisualisasikan sebagai animasi
komputer 3D. Tujuan simulasi yaitu untuk Mempelajari “tingkah laku” system, Mengembangkan
pengertian mengenai interaksi bagian-bagian dari sebuah sistem, dan pengertian
mengenai sistem secara keseluruhan, Pelatihan, hiburan (game).
Beberapa contoh simulasi komputer, antara lain :
simulasi terbang (flight simulation), simulasi sistem
ekonomi makro, simulasi sistem perbankan, simulasi antrian layanan bank (service
queue), simulasi game strategi pemasaran (market game), simulasi
perang (war game simulation), simulasi mobil (car simulation),
simulasi tenaga listrik (power plan simulation), simulasi tata kota (sim
city).
2. Keuntungan dan Kelemahan
Pemrograman Simulasi
Adapun beberapa keuntungan dan kelemahan pemrograman
simulasi yaitu sebagai berikut :
Keuntungan :
a. Simulasi merupakan salah satu metode yang mampu memberikan perkiraan system yang lebih nyata sesuai kondisi operasional dari kumpulan pekerjaan
b. Sebagai alternatif desain yang diusulkan atau alternatif terhadap kebijakan dari operasional yang mempu memberikan pelayanan terbaik terhadap pokok kebutuhan yang diperlukan
c. Memudahkan mengontrolan lebih banyak kondisi dari suatu percobaan sehingga dimungkinkan untuk dicoba diterapkan secara nyata pada system itu.
d. Menyediakan sarana untuk mempelajari system dalam waktu yang lebih singkat, sehingga menghemat biaya
e. Dapat dihentikan dan dijalankan kembali, tanpa menimbulkan permasalahan pada system.
a. Simulasi merupakan salah satu metode yang mampu memberikan perkiraan system yang lebih nyata sesuai kondisi operasional dari kumpulan pekerjaan
b. Sebagai alternatif desain yang diusulkan atau alternatif terhadap kebijakan dari operasional yang mempu memberikan pelayanan terbaik terhadap pokok kebutuhan yang diperlukan
c. Memudahkan mengontrolan lebih banyak kondisi dari suatu percobaan sehingga dimungkinkan untuk dicoba diterapkan secara nyata pada system itu.
d. Menyediakan sarana untuk mempelajari system dalam waktu yang lebih singkat, sehingga menghemat biaya
e. Dapat dihentikan dan dijalankan kembali, tanpa menimbulkan permasalahan pada system.
Kelemahan :
a. Simulasi umumnya tidak dapat digunakan untuk mengoptimalkan. Simulasi hanya dapat menentukan alternatif desain suatu system yang lebih baik
b. Sangat diperlukan kemampuan untuk mengembangkan Model simulasi yang sesuai dengan permasalahan nyata
a. Simulasi umumnya tidak dapat digunakan untuk mengoptimalkan. Simulasi hanya dapat menentukan alternatif desain suatu system yang lebih baik
b. Sangat diperlukan kemampuan untuk mengembangkan Model simulasi yang sesuai dengan permasalahan nyata
3. Contoh Implementasi Program
Simulasi
Beberapa Contoh Simulasi Komputer
antara lain adalah sebagai berikut :
·
Simulasi
Terbang (Flight Simulation)
Peralatan simulator secara umum terdiri dari bagian-bagian
berikut : sistem komputer (computer system), sistem gambar (visual
system), sistem penampil (display system), sistem gerak (motion
system), sistem suara (sound system), sistem rasa (feel system),
sistem instruktur (instructor operation station), sistem antarmuka (interface
system).
·
Simulasi
Sistem Ekonomi Makro
Sistem ekonomi makro suatu negara dapat
disimulasikan sebagai model persamaan linear variabel keadaan waktu diskret : x(k
+ 1) = Ax(k) + Bu(k) dan y(k) = Cx(k)
+ Du(k). Dimana variabel keadaan (state variable) x(k)
pada tahun ke k adalah : belanja konsumtif dan investasi bisnis swasta.
Masukan (input) u(k) adalah : pajak dan belanja negara, sedangkan
keluaran (output) y(k) adalah : pendapatan nasional.
·
Permainan
(Game) Komputer
Permainan (game) komputer merupakan salah
satu jenis simulasi komputer. Beberapa tipe game komputer antara lain :
permainan strategi (strategic game), permainan ketrampilan tangan dan
mata, permainan tantangan (adventure game). Permainan strategi (strategic
game) merupakan permainan papan (board), kartu (card) atau
permainan yang dimainkan pada suatu grid (biasanya imajiner), dimana kemenangan
dihitung berdasarkan aturan tertentu. Contoh : permainan olah yudha (war
game), catur (chess), bridge, go-moku, command and conquer
generals. Permainan ketrampilan tangan dan mata adalah permainan yang
melibatkan kecepatan dan koordinasi antara ketrampilan tangan dan mata manusia
terhadap mesin komputer, umumnya menggunakan tampilan (screen display)
resolusi tinggi. Ex: simulasi mobil (driving game), simulasi terbang (flight
simulation), dxball game. Dalam permainan tantangan (adventure
game), program komputer mentranslasikan tanggapan pemain (player
response) terhadap suatu kejadian (event) baik atau buruk dalam menyelesaikan
persoalan. Contoh : puzzle, zork, delta force black hawk down, beach head.
Bagian-bagian game komputer terdiri dari: struktur data (data structure),
metode evaluasi (evaluation method), dan antarmuka pengguna (user
interface). Struktur data dalam permainan (game) adalah organisasi
logis informasi perihal papan (board), potongan permainan (playing
piece), gerakan (move) dan kemenangan (winning) serta
kekalahan (losing). Misal: representasi agregat (dalam simulasi olah
yudha), variabel record (dalam permainan catur). Metode fungsi evaluasi dalam permainan (game)
akan menguji gerakan (move) yang mungkin, memberi nilai (score)
gerakan tersebut. Kemampuan melihat ke depan (search) merupakan putusan
kritis dalam permainan strategi komputer. Beberapa metode melihat ke depan (looking
ahead): minimax search algorithm, alpha beta search algorithm. Antar
muka pengguna (user interface) dengan komputer (machine)
dirancang sedemikian rupa sehingga pemain (player) hanya akan
berkonsentrasi pada permainan dan tidak dibebani perihal cara operasi program
komputer. Antarmuka pengguna saat ini melibatkan multimedia (suara, gambar dan
animasi).
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Pages
Powered by Blogger.
Translate
Jam
Kalender Bali
Blog Archive
Popular Posts
-
2.1 Alat Adapun alat-alat yang diperlukan dalam perakitan, antara lain : No Nama Alat Jumlah ...
-
PEMROGRAMAN SIMULASI Sebelum lanjut ke materi mungkin terpikir di benak pembaca mengapa kita perlu pemrograman simulasi? Simulasi a...
-
1.1 Directory Directory dapat diibaratkan sebagai map/wadah yang berisi folder dan file-file yang disimpan di dalamnya . Direc...
-
Merakit PC (Personal Computer) merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anda yang suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan mengutak...
-
Metode Monte Carlo A. PENGERTIAN Metode Monte Carlo adalah algoritma komputasi untuk mensimulasikan berbagai perilaku sistem f...
-
JAVA 1. Pengertian Java Java adalah bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan sebuah progr...
-
Setelah semua kelengkapan diatas, baik itu kelengkapan komponen, maupun keamanan terpenuhi, maka kita sudah siap untuk memulai melakukan ...
-
Photographer : Wahyu Heriawan || @Ubud Photographer : Wahyu Heriawan || @Panglipuran Photographer : Wahyu Heriawan || @B...
0 comments:
Post a Comment